Sumber gambar : www.google.com



Analisis Usaha Barang Indomie

PT Indofood Sukses Makmur Tbk atau lebih dikenal dengan nama Indofood merupakan produsen berbagai jenis makanan dan minuman yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Salah satu makanan PT Indofood adalah mi instant Indomie yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia maupun luar negri. Berikut Analisis Usaha Indomie.

Analisis SWOT

Kekuatan (S)

1.Keahlian dalam cita rasa Indonesia 

2. Kecepatan dalam menjangkau konsumen

3. Produk dengan harga terjangkau

 4.Brand yang sudah terkenal 

5. Sudah mendapatkan berbagai penghargaan

Kelemahan (W) 

1. Permintaan pasar belum terpenuhi

2. Persediaan bahan baku sebagian masih bergantung pada impor

 3. Mengandung  zat yang berbahaya bagi tubuh seperti MSG

Peluang (O)

1. Melakukan ekspansi ke luar negeri

2. Bergabung dengan perusahaan lain yang memiliki usaha sejenis

3. Pasar domestik yang berkembang

4. Segmen pasar yang baru

5. Diminati dan diterima baik oleh masyarakat 

Ancaman (T)

1. Ketatnya persaingan iklan maupun inovasi

2. Tidak  terhadap satu jenis produk

3. Pesaing harga dengan kompetitor

Analisis STP

Geographic Segmentation

Produk mie instan Indomie ini dinilai sangat cocok untuk masyarakat Indonesia. Indomie malakukan segmentasi geografis ini dari Sabang sampai Merauke. Jumlah titik stok (gudang) semakin diperbanyak secara agresif, sehingga mampu menyediakan penetrasi pasar yang lebih luas melalui rantai suplai dan penghantaran.

Indomie juga tidak hanya memasarkan produknya di Indonesia saja, tetapi dibanyak negara lain yaitu seperti Malaysia, Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Perancis, Singapura, China, Jepang, Arab Saudi, Italia dan Nigeria. Indomie dapat dibeli secara satuan per bungkus ataupun dibeli dengan per paket, harga Indomie pun relatif ekonimis. Produk Indomie yang diproduksi berdasarkan wilayah, sehingga cita rasa Indomie disesuaikan dengan lidah konsumen di setiap daerah.

Demographic Segmentation

Produk Indomie (goreng dan kuah) cocok dikonsumsi oleh usia remaja hingga dewasa. Usia remaja 14 – 25 tahun merupakan konsumen terbanyak yang mengonsumsi produk mie instan. Namun, Indomie juga memproduksi sebuah produk inovasi baru yang dikhususkan untuk anak – anak, yaitu Indomie My Noodlez. Indome My Noodlez ini merupakan mie instan untuk anak – anak yang dibuat dari bahan – bahan yang lebih aman, yakni wortel dan rumput laut. Jadi, Indomie melakukan segmetasi berdasarkan usia ke kalangan remaja – dewasa hingga anak – anak melalui produk Indomie My Noodlez. 

Pemasaran produk Indomie tidak difokuskan untuk perempuan dan laki – laki saja, tetapi untuk semua jenis kelamin bisa mengkonsumsi Indomie. 

Dengan harga yang relatif murah dan rasanya pun enak Indomie cocok untuk semua kalangan yakni pelajar, anak kos dan juga yang sudah berumah tangga.

Psycographic Segmentation

Hadirnya produk mie instan Indomie tentunya disambut antusias oleh masyarakat. Produk Indomie cocok untuk dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat, terutama bagi mereka yang memiliki gaya hidup cenderung konsumtif dan praktis.

Analisis 4P

Product

Indomie adalah merek mie instan yang diproduksi oleh perusahaan Indofood Indonesia. Indofood sendiri merupakan produsen mi instan terbesar di dunia, dengan 16 pabrik, 15 miliar paket Indomie diproduksi setiap tahun. Indomie juga diekspor ke lebih dari 60 negara di dunia. Brand name yang digunakan adalah Indomie. Satu bungkus Indomie standard memiliki massa 85 gram, dan terdapat 2 shacet berisi 5 bumbu-bumbuan yang disertkan, yaitu kecap manis, saus sambal, minyak palm, bumbu perasa dan minyak goreng. Indomie jumbo juga dengan massa 120 gram.

Price 

Dengan harga yang cukup terjangkau murah Indomie dapat dibeli perbungkus, dapat juga di beli per paket 5 bungkus atau paket 1 kardus berisi 30 atau 40 Indomie. Di Indonesia, perbungkus Indomie dihargai sekitar Rp. 3.000.

Place 

Jenis saluran distribusi Mie Instant Indomie 

Produsen → Wholesaler → Retailer → Konsumen.

Biasanya dijual melalui Indomaret, Alfamart, Alfamidi, warung, toko sembako dan tempat – tempat perbelanjaan lain. Dan juga ada yang menjualnya di E-Commers.

Promotion 

Tagline : Indomie Seleraku

Iklan : billboard, iklan TV, sponsor acara

Event  


Demikian analisis Usaha mi instant Indomie.

Semoga bermanfaat bagi semua.